Peran Suplemen Dalam Menjaga Daya Tahan Tubuh

suplemen daya tahan tubuh

Menjaga daya tahan tubuh adalah aspek penting dalam menjalani kehidupan sehari-hari, terutama di kondisi lingkungan yang penuh dengan polusi dan perubahan musim yang tidak menentu. Imunitas tubuh yang baik membantu kita tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi suplemen.

Tantangan Kesehatan Sehari-Hari

Di tengah polusi udara yang kian meningkat, terutama di kota-kota besar, tubuh kita rentan terpapar berbagai zat berbahaya. Polusi udara dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat kita lebih mudah terserang penyakit. Selain itu, perubahan musim yang tidak menentu, suhu udara yang ekstrim dan kondisi cuaca yang sulit diprediksi juga memberi dampak ke kesehatan kita. Seperti yang sering kita rasakan, perubahan cuaca yang drastis kerap menyebabkan kita mudah terserang flu, batuk, dan berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus.

Gaya hidup modern dengan tekanan yang besar dari pekerjaan serta kualitas makanan yang dikonsumsi, menambah tantangan kesehatan dalam hidup sehari-hari. Makanan instan dan makanan ultra proses yang semakin mudah didapat dan digemari saat ini membuat daya tahan tubuh rentan dan menyebabkan kita mudah terserang penyakit.

Peran Suplemen Selama Pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19 yang melanda dunia pada tahun 2020 membawa perubahan signifikan dalam banyak aspek kehidupan, termasuk di Indonesia. Ketakutan akan tertular virus mendorong masyarakat untuk lebih memperhatikan kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Kesadaran masyarakat akan kebutuhan suplemen meningkat dan menyebabkan peningkatan permintaan suplemen daya tahan tubuh.  Suplemen seperti vitamin C, vitamin D, zinc, dan berbagai multivitamin lainnya menjadi sangat populer. 

Kesadaran akan pentingnya kesehatan yang lebih baik selama pandemi ini diharapkan dapat terus berlanjut bahkan setelah situasi kembali normal.

Suplemen untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Dalam jurnal "A Review of Micronutrients and the Immune System–Working in Harmony to Reduce the Risk of Infection" dari MDPI Nutrients, dijelaskan bahwa mikronutrien berperan sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi resiko infeksi.

Selain menjaga kualitas makanan yang kita makan setiap hari, mengonsumsi suplemen adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan mikronutrien agar daya tahan tubuh terjaga dengan baik. 

Berikut beberapa jenis mikronutiren esensial yang dibutuhkan tubuh kita dan manfaatnya bagi kesehatan:

1. Vitamin C
Vitamin C adalah antioksidan yang kuat dan dikenal karena kemampuannya dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin ini membantu tubuh melawan infeksi dan mempercepat proses penyembuhan. Selain itu vitamin C membantu meningkatkan penyerapan nutrisi lain dalam tubuh.

2. Vitamin D
Vitamin D berperan penting dalam mengatur sistem kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin D dapat melemahkan respon imun dan meningkatkan risiko infeksi. Penelitian menunjukkan bahwa suplementasi vitamin D dapat mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan, terutama pada individu yang memiliki kadar vitamin D rendah.

3. Zinc
Zinc adalah mineral yang esensial untuk menjaga daya tahan tubuh. Zinc membantu tubuh dalam proses penyembuhan luka dan mendukung fungsi sel imun. Suplemen zinc telah terbukti efektif dalam mengurangi durasi gejala flu.

4. Echinacea
Selain bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, Echinacea juga dapat mengurangi peradangan dan kaya akan antioksidan. Oleh karena itu, tanaman ini juga membantu tubuh melawan stres oksidatif. Gejala stres oksidatif yang biasanya dirasakan adalah kelelahan, nyeri otot, masalah pencernaan, gangguan tidur, otot kaku, kulit kusam dan keriput, dan tergantung pada tingkat keparahannya gejala bisa meliputi kesulitan konsentrasi, menjadi pelupa, kecemasan bahkan depresi. 

5. Probiotik
Probiotik adalah bakteri baik yang membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Kesehatan usus yang baik sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang kuat. Studi menunjukkan bahwa probiotik dapat mengurangi durasi infeksi saluran pernapasan atas pada anak-anak.


Melihat kondisi cuaca dan lingkungan saat ini, permintaan akan kebutuhan suplemen daya tahan tubuh semakin meningkat. Keadaan ini membuka kesempatan yang besar untuk para pemilik bisnis mengembangkan usahanya di bidang suplementasi.

Indocare B2B: Solusi Maklon Suplemen 

Indocare B2B merupakan manufaktur yang menyediakan layanan maklon lengkap untuk produk suplemen kesehatan dan telah berpengalaman dalam industri pengembangan suplemen sejak tahun 1988. 

Indocare B2B telah lulus berbagai sertifikasi seperti BPOM, Halal, GMP, dan berbagai sertifikasi manufaktur lainnya. Hal ini memastikan bahwa produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang terjamin dan aman untuk dikonsumsi. Dengan pengalaman dan keahlian yang dimiliki, Indocare B2B siap membantu menciptakan produk suplemen yang inovatif dan berkualitas.

Menjaga daya tahan tubuh di tengah tantangan kesehatan sehari-hari adalah kunci untuk hidup sehat. Peran suplemen daya tahan tubuh sangatlah penting untuk meningkatkan kesehatan, dan juga membuka banyak kesempatan untuk merambah bisnis suplemen dan tentunya bekerja sama dengan produsen yang berkualitas, berpengalaman dan terpercaya seperti layanan maklon suplemen yang ditawarkan oleh Indocare B2B.

Image by Andrea Piacquadio and Karolina Kaboompics from Pexels.

0 comments